RSS

asap "asup" #ddp

Panas terik matahari siang ini membuat kamu kepanasan ?? ditambah lagi kalau harus berurusan dengan kendaraan umum di jalan raya yang penuh sesak, ataupun sudah menjadi perokok pasif ?. Banyak diantara kita yang sebenarnya  belum sadar benar kalau setiap hari kita menghisap udara yang jelas jelas kotor, atau secara mendramatisirnya adalah udara yang "beracun". Udara kotor yang berada di sekitar kita itulah yang sering kali kita dengar dengan sebutan asap.

Asap yang ada di sekitar kita tidak serta merta datang tiba - tiba, ada berbagai macam hal yang dapat menghasilkan 'gas buang' ini. Kendaraan yang setiap hari kamu pakai untuk bekerja, kuliah, sekolah ataupun lain hal membawa peranan yang cukup besar dalam menyumbang pencemaran udara. Puntung rokok yang dibakar oleh tangan - tangan pemakainya juga menghasilkan asap yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuhnya dan orang lain yang secara tidak sengaja juga menghirup asapnya,  juga sama halnya dengan pembakaran sampah di sembarang tempat, pembakaran ladang, dan lain sebagainya akan sangat merugikan diri kita sendiri sebagai manusia yang menghuni tempat ini karena selain membuat udara semakin kotor dan panas, asap - asap itu pula lah yang akan dapat membolongi lapisan ozon pelindung bumi kita.









Mungkin kita tidak sadar ataupun "berpura - pura " tidak menyadarinya bahwa kendaraan bermotor merupakan penyumbang terbanyak dari asap yang di timbulkannya, jadi tidak heran bila negara negara maju sudah banyak menghimbau dan memfasilitasi rakyatnya dengan kendaraan umum yang sedikit mengeluarkan emisi gas. Hal ini berbanding terbalik dengan negara - negara yang masih di golongkan sebagai negara berkembang, mereka kurang memerdulikan kerusakan lingkungan dari kendaraan bermotor juga kurang adanya upaya dari pemerintah untuk benar - benar memperbaiki kendaraan umum agar masyarakat dapat lebih memilih kendaraan umum dan dapat mengurangi jumlah dari asap kendaraan bermotor.

Dari segi asap dari tembakau pula, dewasa ini sudah mencakup tidak hanya dari dewasa, dari kalangan remaja pun sampai anak- anak sudah banyak yang dibuat "terlena". Padahal pengaruh buruk rokok sudah menjadi rahasia umum, tetapi kemungkinan karena kurangnya pengawasan dari orang tua ataupun pergaulan anak yang kurang baik membuat anak - anak Sekolah Dasar di zaman sekarang sudah tidak asing dengan benda tersebut.
Dari sisi- sisi yang kita ulas tadi dapat kita lihat bahwa asap kendaraan, rokok, dan asap lainnya membuat kerusakan di lingkungan kita terutama pada atmosfer kita. Hal - hal tersebut dapat kita cegah dengan penanaman pohon, pengurangan jumlah kendaraan bermotor dan menggantinya dengan sepeda ataupun dengan kendaraan umum yang memadai.

0 komentar:

Posting Komentar