RSS

PELANGI DIRI

pelangi pelangi alangkah indahmu ....
merah kuning hijau dilangit yang biru.....
pelukismu agung siapa gerangan ....
pelangi pelangi ciptaan Tuhan.....


masih inget dong ya lagu yang satu ini ?
lagu di masa kanak-kanak yang sering banget dinyanyiin waktu selesai hujan
pelangi ini menjadi salah satu ikon andalan dalam hidup saya, karena menurut saya dia melambangkan kebahagiaan yang terjadi sesudah kesulitan

jadi sebenarnya pelangi itu sendiri yang terlihat berwarna-warni merupakan pembiasan dari cahaya matahari yang terkena butir-butir air. warna-warna indah yang dapat kita lihat sebagai pelangi sebenarnya semua berasal dari satu warna putih. ga kebayang dong satu warna bisa merembet jadi warna-warna yang cantik?

dalam prosesnya sendiri, matahari dan air menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pembuatan pelangi ini

sering kita lihat bahwa hujan terkadang membawa kesulitan tersendiri kepada kita ( walaupun sering disebut sebagai berkah ). ketika kita membahas hujan, bayangan yang seringkali muncul adalah kesedihan, ketakutan dengan adanya petir dan angin kencang.

kalo boleh saya katakan, hujan itu ibarat masalah yang ada di dalam diri masing-masing. ada yang mengartikannya sebagai sebuah kesusahan, ada yang melihatnya sebagai berkah. tapi bila kita melihat hujan dan percaya ada cahaya terang sesudahnya, kita dapat menikmati hujan yang ada dengan lebih nyaman. hal ini juga berlaku bila kita mendambakan pelangi sesudah hujan. membawa sinarnya yang berwarna-warni seolah mengajak kita menyadari keagungan penciptanya, dengan bentuk setengah lingkaran yang biasa saya artikan sebagai emot mulut senyum :). membuat binar yang seolah ingin menjadi jalan masuk menuju tempat yang indah, sangat indah.

tetapi sekali lagi, untuk membuat si pelangi itu kita membutuhkan cahaya matahari dan air. air adalah sisa-sisa dari kesedihan kita terhadap 'hujan' yang baru saja terjadi. sedangkan cahaya matahari adalah hal yang mampu menerangi kita untuk melihat hal dengan lebih jelas. jadi bila saya ibaratkan matahari di hidup adalah TUHAN, maka sebenarnya yang kita perlukan untuk membuat pelangi di diri kita masing-masing adalah hikmah dari masalah yang ada dan TUHAN kita sebagai penunjuk arah.

seringkali saat masalah muncul kita memiih untuk menghindarinya, menganggap seolah tidak mengganggu. padahal hal satu-satunya yang dapat kita lakukan hanya melaluinya, iya MELALUINYA. dengan ilmu yang kita punya, kita mencoba memilih jalan yang terbaik untuk segera sampai tujuan. dan bila ini kita katakan sebagai ujian kehidupan, setelah kita berhasil melaluinya kita akan naik setingkat lebih tinggi dari level kita sebelumnya.

disaat masalah datang katakanlah pada dirimu sendiri :

SAYA DAPAT MELALUINYA !


karena kadang kala yang membuat masalah yang kita hadapi tak kunjung reda adalah kepercayaan diri kita terhadap diri kita sendiri yang kadang kala tidak mempunyai porsi yang cukup untuk membuat keputusan untuk melalui masalah itu sendiri. jadi berilah kesempatan pada dirimu sendiri untuk memilih jalan yang terbaik.

seberat apapun masalah yang kamu hadapi yakinlah bahwa TUHAN selalu ada disisimu dan masalah yang ditimpakan kepadamu tidak akan lebih berat dari kemampuanmu untuk melaluinya 


dan terakhir,

CIPTAKANLAH PELANGI DALAM DIRIMU

dan kebahagiaan akan selalu bersamamu .... :)



Kumala Maharani , kamar, setengah tidur
Day 4 #31harimenulis

0 komentar:

Posting Komentar